Ini Penyebab Motor Sulit Distarter Saat Pagi Hari, Sudah Tahu?

Pernahkah Anda mengalami motor sulit distarter saat pagi hari? Hal ini akan sangat menjengkelkan. Terlebih, ketika Anda sedang buru-buru ingin berangkat kerja. Nah, untuk mengatasi hal tersebut. Anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Sehingga, Anda dapat menghindari kejadian tersebut terulang kembali. Salah satu cara menghindarinya adalah dengan menjaga kondisi komponen motor agar kinerja mesin motor tetap prima, seperti memperhatikan oli motor. Oli berkualitas dapat menjaga motor menjadi tahan lama dan tidak gampang rusak.  Lantas, apa saja penyebab motor sulit distarter terutama pada pagi hari? Temukan jawabannya pada ulasan di bawah ini.

Penyebab Motor Sulit Distarter
Penyebab Motor Sulit Distarter
  1. Kondisi karburator kotor. Karburator kotor merupakan salah satu penyebab motor sulit distarter. Seringkali, komponen ini tidak terlalu diperhatikan oleh para pengemudi. Hal ini terjadi karena adanya penyempitan di lubang pilot jet dan main jet. Fungsi dari keduanya adalah menyemburkan bensin ke karburator. Sehingga, jika terjadi penyempitan, akan menyebabkan karburator menjadi kotor.
  2. Starter kotor. Selain karburator kotor, kondisi starter elektrik yang kotor juga bisa menjadi penyebabnya. Apabila bagian ini kotor, maka mesin akan sulit dinyalakan. Penyebab kotoran masuk ke bagian starter adalah akibat terkena hujan dan debu. Oleh sebab itu, penting sekali untuk selalu mengecek kebersihan komponen motor. Mulai dari hal yang kecil hingga ke bagian yang krusial.
  3. Adanya masalah pada fuel pump. Fungsi fuel pump yaitu untuk memompa bensin ke dalam injektor. Apabila injektor terbuka, bensin akan ikut keluar akibat tekanan dari fuel pump Sementara itu, komponen yang menjaga tekanan injeksi adalah relieve velve. Komponen inilah yang menjaga agar bahan bakar tidak drop ketika mesin dimatikan. Namun, jika relieve valve digunakan secara terus menerus, maka komponen ini akan melemah. Sehingga, ketika mesin dimatikan semalaman, tekanan bahan bakar menjadi drop. Inilah yang dapat menyebabkan motor sulit distarter pada pagi hari.
  4. Campuran bensin tidak pas. Umumnya, perbandingan udara dan bensin yaitu sekitar 14 : 1. Jadi, jika bensin yang ada lebih sedikit, gas yang terdapat pada ruang bakar hanya sedikit mengandung bahan bakar. Apalagi saat kondisi mesin sedang dingin, bensin akan mengembun pada dinding intake. Sehingga, mesin akan sulit dinyalakan karena bensin yang masuk ke dalam ruang bakar hanya sedikit. Solusi yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan choke agar campuran bensin yang masuk ke dalam ruang bakar menjadi banyak.

Merawat motor wajib dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan. Bukan hanya memperhatikan kebersihan motor, tapi rutin mengecek seluruh komponen yang ada. Sehingga, tidak mengalami kejadian yang dapat merugikan Anda di kemudian hari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda, ya!

About the Author: Kemal

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *