Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Penggunaan Tabir Surya

Tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB. Kulit yang sering terpapar sinar matahari tanpa adanya perlindungan akan mengalami penuaan dini. Maka dari itu sangat penting untuk menggunakan tabir surya setiap hari apabila beraktivitas di bawah matahari yang terik.

Hal yang Harus Dipahami Tentang Tabir Surya

Namun saat ini masih banyak yang belum terlalu memahami tentang tabir surya dan hanya asal menggunakannya. Terdapat beberapa hal yang harus dipahami terlebih dahulu dalam penggunaan tabir surya yaitu :

1. Pilih tabir surya sesuai jenis kulit wajah

Terdapat banyak jenis tabir surya yang telah diproduksi sesuai dengan jenis kulit wajah. Apabila memiliki jenis kulit wajah kering maka bisa menggunakan tabir surya berbentuk krim dengan kandungan pelembab. Hindari menggunakan tabir surya yang mengandung alkohol agar kulit tidak semakin kering.

Tabir Surya
Tabir Surya

Untuk kulit berminyak dan sering berjerawat, bisa menggunakan tabir surya dengan bahan dasar air atau yang berbentuk gel sehingga lebih cepat meresap ke kulit. Sedangkan untuk kulit sensitif bisa menggunakan tabir surya tanpa alkohol dan parfum.

2. Pilih dengan label “broad-spectrum”

Label “broad-spectrum” artinya tabir surya tersebut mampu melindungi kulit dengan maksimal dari UVA dan UVB yang dapat merusak kulit. UVA menyebabkan kulit mengalami penuaan dini sedangkan UVB menyebabkan kulit menimbulkan flek hitam, keriput, serta terbakar. Tabir surya dengan label “broad-spectrum” dapat memberikan perlindungan yang lebih luas.

3. Perhatikan nilai SPF

Setiap tabir surya memiliki nilai SPF yang menjadi sebuah ukuran berapa lama perlindungan dari UVB yang diberikan tabir surya. Nilai SPF juga dapat dipilih sesuai dengan warna dan kondisi kulit. Orang dengan kulit warna putih akan membutuhkan SPF yang lebih tinggi. Di Indonesia, SPF 30 umum digunakan namun ada juga SPF 50 dengan perlindungan yang lebih lama.

4. Pilih kosmetik yang mengandung SPF

Bukan hanya tabir surya yang mengandung SPF namun beberapa kosmetik juga mengandung SPF misalnya seperti pelembab, concealer, foundation, bedak, dan lainnya. Tidak ada salahnya untuk menggunakan kosmetik yang mengandung SPF agar perlindungan lebih maksimal. Namun bukan berarti anda tidak harus menggunakan tabir surya lagi apabila sudah menggunakan kosmetik yang mengandung SPF.

Tabir surya harus tetap digunakan tanpa pengecualian karena SPF yang terkandung pada kosmetik hanya memiliki nilai yang kecil dan tidak dapat memberikan perlindungan yang maksimal. Anda bisa menggunakan tabir surya terlebih dahulu dan diamkan setidaknya 15 – 20 menit hingga meresap kemudian bisa dilanjutkan dengan menggunakan kosmetik SPF.

5. Cara Penggunaan

Oleskan tabir surya dengan tebal 10-15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan agar tabir surya dapat menyerap dengan sempurna. Oleskan kembali tabir surya setelah terpapar sinar matahari selama 20 menit. Jangan lupa untuk selalu mengoleskan tabir surya kembali setiap 2 jam sekali. Anda bisa membersihkan wajah terlebih dahulu setelah berkeringat ataupun terkena air kemudian mengoleskan tabir surya kembali. Mengoles ulang tabir surya sangatlah penting.

Anda bisa memilih tabir surya yang tepat di Blibli.com. Blibli menjual berbagai merk tabir surya yang lengkap dengan harga yang terjangkau sehingga bisa menghemat pengeluaran. Anda bisa langsung memesan semua kebutuhan melalui Blibli.com dan melakukan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih. Pesanan akan langsung diantarkan ke rumah anda tanpa harus repot keluar rumah.

About the Author: Kemal

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *